Resep Sambal Bawang Penggugah Selera

Resep sambal bawang yang pedas memang dapat menggugah selera untuk makan. Bahkan sambal bawang yang enak dan pedas dapat membuat makan menjadi bersemangat dan ingin terus nambah lagi. Ini yang membuat orang menjuluki dengan tobat sambal, katanya kapok makan pedas tapi setelah pedasnya reda eh malah makan lagi dengan sambal sampai nangis. Orang Indonesia memang gemar sekali makan sambal, bahkan bagi pecinta sambal rasanya gak makan kalau gak pakai sambal. Nah untuk membuat sambal bawang ini bahan-bahannya cukup sederhana, hanya membutuhkan bahan dasar yaitu cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, dan garam. Resep ini cukup simpel dibandingkan dengan resep sambal bajak yang beberapa waktu lalu telah di share juga di sini. Biasanya yang membuat rasa sambal berbeda adalah pada kualitas cabai dan komposisi bahannya. Berikut ini adalah resep sambal bawang penggugah selera makan kita.
resep sambal bawang

Bahan-bahan

  • 13-15 buah cabai rawit merah, pilih yang masih segar
  • 6-7 siung bawang putih
  • 3-4 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng panas

Cara membuat sambal bawang

  1. Uleg cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula pasir hingga kasar seperti gambar di atas. Jangan menggunakan blender untuk menghaluskan, gunakan ulegan agar aromanya lebih segar.
  2. Tuangkan minyak panas ke dalam sambal.
  3. Sambal bawang siap disajikan.
Mudah banget kan resep sambal bawang pedasnya. Sajikan resep istimewa bersama ayam goreng atau bebek goreng akan lebih nikmat. Selamat mencoba ya.