Resep Bolu Kukus Mekar Susu Coklat

Resep bolu kukus yang mekar menjadi tantangan sendiri bagi para bunda yang ingin mencoba membuat bolu kukus sendiri di rumah. Alasannya yaitu sebagian besar para bunda yang membuatnya tidak bisa mekar, sehingga dari tampilan kurang menarik dan tentu saja kue menjadi agak padat sehingga kurang empuk. Sedikit kesalahan saja dapat membuat kue bolu kukus ini menjadi tidak mekar, sehingga tips pertama yang harus diperhatikan adalah tetap mematuhi resep aslinya mentah-mentah, artinya untuk pertama kali membuat jangan memodifikasi bahan atau cara membuatnya.Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membuat kue bolu kukus dan selanjutnya langsung ke resep bolu kukus mekar.

resep bolu kukus mekar

Tips membuat bolu kukus agar mekar

  • Jangan memodifikasi bahan sedikitpun, kecuali Anda memang sudah mahir membuat bolu kukus dan telah berpengalaman. Yang boleh Anda modfikasi hanyalah penggunaan warna yang sesuai selera.
  • Untuk cetakan gunakan cetakan bolu kukus yang berlubang-lubang. Anda dapat menggunakan yang terbuat dari plastik atau dari aluminium. Menurut pengalaman hasilnya sama saja. Letakkan kertas kue bolu kukus ke dalam cetakan dengan rapi, jangan sampai ada yang terdapat lipatannya.
  • Pada tutup dandang, lapisi bagian dalamnya menggunakan kain yang dapat menyerap agar tetesan uap air tidak jatuh ke atas kue bolu yang sedang dimasak. Jangan gunakan kain warna yang mudah luntur, usahakan menggunakan kain putih yang bersih.
  • Patikan untuk mengocok adonan hingga benar-benar kental dan mengembang
  • Pada saat akan mengukus, jangan terlalu meletakkan kue dalam jumlah banyak sekaligus agar masing-masing kue mendapat panas dan uap yang benar-benar panas dan merata.
  • Jangan membuka tutup dandang selama proses memasak, tunggu hingga benar-beanr matang saja.

Bahan-bahan bolu kukus

  •  375 gram tepung terigu (bukan bermaksud promosi, tapi saya pakai segitiga biru)
  • 225 gram gula pasir
  • 300 ml susu cair
  • 4 butir telur, pilih ukuran besar
  • 23 gram ovalet
  • 3/4 sdt bubuk vanili
  • 1,5 sdt pasta coklat

Cara membuat bolu kukus mekar

  1.  Kocok lepas telur dan susu hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ovalet, dan bubuk vanili kemudian aduk rata. Masukkan kocokan susu cair dan telur ke dalam adonan tepung. Gunakan mixer dengan kecepatan rendah terlebih dahulu sampai semua tercampur. Tingkatkan kecepatan mixer secara bertahap ketika adonan sudah mulai halus dan mengental. Kocok hingga adonan benar-benar kental dan mengembang.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian dalam wadah terpisah. Pada salah satu wadah, campurkan pasta coklat ke dalam adonan kemudian aduk rata. Jadi kita sekarang punya 2 adonan, saya menyebutnya adonan putih (yang tidak dicampur pasta coklat) dan adonan coklat (yang dicampur dengan pasta coklat.
  4. Siapkan cetakan kemudian masukkan kertas bolu kukus. Ingat jangan sampai ada yang terlipat. Tuangkan 1 sdm adonan coklat ke dalam cetakan, kemudian diselingi dengan 1 sdm adonan putih. Untuk kreasi warna Anda dapat bereksperimen sendiri, tidak harus selang-seling. Saya lebih suka pada bagian atas adalah adonan putih yang diberi sedikit adonan coklat. Pastikan untuk mengisi cetakan dengan penuh hingga bibir terluar kertas.
  5. Panaskan dandang menggunakan air namun jangan terlalu tinggi karena percikan air mendidih dapat sampai ke bagian dasar cetakan bolu kukus. Gunakan api yang besar agar uap panas sempurna.
  6. Masukkan adonan dalam cetakan ke kukusan, beri jarak antar masing-masing kue sehingga dapat panas yang merata. Jangan lupa untuk memberi kain pada tutup dandang.
  7. Kukus selama 15 menit, pada proses tersebut jangan membuka tutup. Biasanya para bunda tidak sabar untuk melihat kue bolu kukusnya,hehe.
  8. Angkat kue bolu kukus setelah 15 menit. Kue siap dihidangkan.
Yap itulah tadi resep bolu kukus mekar susu coklat. Perhatikan dengan seksama ya cara membuatnya agar berhasil dan kue menjadi empuk, mekar, dan enak. Baca juga resep kue basah lainnya yaitu resep donat kentang dan resep kue sus vanilla. Selamat membuat bolu kukus ya !