Resep Kue Cucur Manis dan Enak

Salah satu jajanan pasar favoritku saat masih kecil yaitu kue cucur ini, ya walaupun saat ini juga masih suka namun bedanya sekarang sudah agak susah mencarinya di jajanan pasar. Kalau dulu sih di kampung hampir tiap hari ada pedagang sayur keliling gitu sambil menjajakan kue cucur yang manis dan enak ini. Apalagi di mkana sore hari sambil minum teh hangat rasanya jadi lebih nendang. Akhirnya setelah sekian lama tidak pernah merasakan kue cucur akhirnya saya inisiatif untuk membuat sendiri sambil tanya resep ke teman-teman dan tentu saja simbah gugel :). Ini dia resep kue cucur yang nikmat itu.
kue cucur nikmat
Resep kue cucur

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung beras
  • 40 gram tepung terigu
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 450 ml air 
  • ½ sdt garam

Cara membuat kue cucur

  1. Siapkan panci, rebus gula merah dan daun pandan dengan air hingga larut. Angkat, saring, dan buang ampasnya. Sisihkan hingga dingin.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam ke dalam mangkok. Tuangkan air gula sedikit demi sedikit sambil diuleni. Diamkan selama 1 jam.
  3. Panaskan wajan cekung kecil yang diberi 4 sdm minyak. Tuangkan adonan kue cucur ke dalam wajan kira-kira 1 sendok sayur. Siram minyak panas ke bagian tengah adonan kue. Tusuk bagian tengah kue agar adonan matang merata. Terus siram-siram minyak panas hingga kue matang. Ulangi hingga adonan habis.
  4. Ulangi hingga adonan habis. Kue cucur siap dihidangkan.