Resep Nagasari Kue Tradisional Indonesia

Resep nagasari merupakan resep kue tradisional khas Indonesia yang dalam bahasa jawa sering disebut dengan nogosari. Makanan ini merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras yang lembut dan sedikit kenyal kemudian bagian tengahnya diisi dengan pisang, bisa menggunakan pisang raja, pisang tanduk, pisang kepok, dan sebagainya. Kemudian dikukus dengan dibungkus menggunakan daun pisang. Saat ini mungkin sudah jarang yang masih sering membuat nagasari, saya ingat terakhir Ibu saya membuat nagasari ketika saya masih SMP, mungkin sekitar 12 tahun yang lalu, waktu yang cukup lama.

resep nagasari

Resep tradisional ini melengkapi resep sebelumnya yang saya tulis di blog ini yaitu resep lemper isi ayam. Resep nagasari ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Namun untuk membuatnya perlu ketelatenan agar adonan tidak terlalu menggumpal yang akan menyebabkan hasilnya menjadi kurang baik.

Bahan-bahan kue nagasari


  • 350 gram tepung beras
  • 12 buah pisang kepok tua (atau sesuai selera), potong-potong
  • 3 sdm tepung sagu
  • 250 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, sobek lalu buat simpul
  • 1/2 sdt garam
  • 1200 ml santan
  • daun pisang untuk membungkus

Cara membuat nagasari

  1. Tuangkan sebagian santan ke dalam tepung beras kemudian aduk rata sehingga tepung menjadi adonan cair. Sisihkan.
  2. Didihkan sisa santan yang dicampur dengan daun pandan dan garam. 
  3. Masukkan cairan tepung beras dan gula pasir. Aduk hingga larut dan adonan menjadi kental. 
  4. Angkat lalu masukkan tepung sagu. Aduk rata.
  5. Siapkan 1 lembar daun pisang, ambil 1 sendok makan adonan tepung kemudian masukkan 1 potong pisang kemudian tutup dengan 1 sendok makan adonan tepung. Lipat daun pisang dan tutup. Ulangi hingga adonan habis.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit lalu angkat.
Cukup mudah bukan untuk membuat resep nagasari pisang di atas? Pasti Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Sekian resep kali ini, terima kasih telah mampir di blog in-resep.