Resep Kue Telur Gabus Renyah

Resep kue ini merupakan salah satu resep yang paling banyak dicari saat mendekati musim lebaran tiba. Ya, kue renyah dan ringan ini merupakan salah satu favorit saya. Kue telur gabus terbuat dari campuran tepung sagu, tepung terigu, telur, dan keju yang dibentuk kecil-kecil. Yang paling menguras tenaga dalam membuat kue ini adalah saat membentuk kecil-kecil dengan dipilin. Jika dikerjakan ramai-ramai sih tidak masalah, tapi kalau dikerjakan sendirian bisa pegel tuh tangan, hehe.  Tapi tidak usah khawatir karena soal rasa kue ini enak dan gurih jadi cukup seimbang antara capek dan rasa yang didapat. Ini nih bentuk kue telur gabus yang bikin tangan capek ketika membuatnya.


Tips membuat kue telur gabus ini biar berhasil adalah ketika menggoreng gunakan selalu minyak dingin. Jadi adonan dimasukkan dahulu ke minyak dingin lalu baru dipanaskan. Jika memaksakan menggoreng dengan minyak panas maka hasil kulit luarnya jadi tidak halus, tetapi agak berlubang. Jadi agak merepotkan juga karena untuk menggoreng adonan pada kloter kedua harus menunggu minyak dingin dulu. Oke, berikut ini adalah resep kue telur gabus renyah dan gurih.

Bahan-bahan 


  • 200 gram tepung sagu tani
  • 100 gram tepung maizena
  • 70 gram tepung protein sedang
  • 4 butir telur
  • 150 gram keju cheddar parut
  • 30 ml air
  • 1 1/2 sdt garam

Cara membuat kue telur gabus

  1. Ayak semua tepung, campur tepung sagu tani, maizena, dan tepung protein sedang sampai rata.
  2. Kocok lepas telur, tambahkan air dan garam. Aduk sampai rata lalu masukkan ke dalam campuran tepung.
  3. Masukkan keju parut. Aduk rata menggunakan tangan untuk hasil maksimal.
  4. Ambil adonan dengan ukuran kecil, putar / pilin adonan menggunakan kedua tangan hingga didapat bentuk kecil memanjang. 
  5. Siapkan wajan beserta minyak namun jangan dipanaskan. Masukkan adonan kue ke dalam minyak dingin, lakukan dalam jumlah cukup banyak. 
  6. Nyalakan api kecil sedang, goreng hingga kue mengeras. Angkat.
  7. Dinginkan minyak untuk menggoreng selanjutnya.