Resep Kue Nastar Lumer di Mulut

Resep kue nastar berikut ini merupakan resep yang saya temukan di halaman salah satu facebook, namun saya lupa untuk menyimpan halamannya jadi maaf tidak bisa kasih credit kepada yang telah berbaik hati untuk memberikan rahasia resep nastar. Sebenarnya saya telah mencoba beberapa resep untuk membuat kue nastar ini, namun menurut saya resep ini adalah resep yang paling enak, empuk namun tetap kokoh, dan yang paling enak di lidah adalah kue ini lumer di mulut. Jadi saking enaknya resep ini bisa jadi tamu Anda saat lebaran bisa jadi ketagihan. Anda juga dapat menjadikan kue nastar sebagai sumber penghasilan lho, banyak sekali yang jualan aneka kue kering terutama saat hari besar lebaran.

resep kue nastar

Untuk isi kuenya, pada resep ini menggunakan selai nanas yang dapat dibeli di supermarket jadi tidak membuat sendiri. Anda juga bisa mengganti selai nanas dengan selai lainnya seperti durian. Jadi untuk isi sesuai selera Anda saja, boleh memilih sesuka hati. Kemudian untuk lapisan atasnya resep ini hanya menggunakan kuning telur saja, Anda dapat berkreasi jika ingin ditambahkan keju, kismis, cengkih, dan sebagainya. Semuanya kembali kepada Anda masing-masing. Mari kita simak resep kue nastar berikut ini.

Bahan-bahan 

  • 900 gram tepung terigu
  • 680 gram butter
  • 12 kuning telur dari telur yang telah direbus
  • 120 gram gula halus
  • 60 gram susu bubuk
  • 3 sdm tepung custard
  • 3 sdm madu
  • vanili secukupnya
  • kuning telur secukupnya untuk mengolesi, kocok
  • Selai nanas untuk isi (atau sesuai selera)

Cara membuat kue nastar

  1.  Aduk rata campuran madu dengan kuning telur yang telah direbus, sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu, susu bubuk, dan tepung custard. Sisihkan.
  3. Campur butter, gula halus, dan vanili menggunakan mixer hingga lembut. 
  4. Masukkan campuran madu dengan telur ke dalam adonan. Aduk rata.
  5. Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk, dan tepung custard ke dalam adonan secara perlahan-lahan sambil tetap diaduk. Kocok lagi adonan hingga bisa dibentuk.
  6. Bentuk bulat-bulat kecil adonan (bentuk bisa sesuai selera) kemudian isi dengan selai nanas. Ulangi hingga adonan habis.
  7. Adonan kue nastar yang sudah dibentuk ditata dalam loyang. Panggang dengan suhu 140 derajat celcius selama 15 menit. 
  8. Keluarkan kue kemudian olesi permukaan atasnya dengan kuning telur. Panggang lagi hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat.
  9. Dinginkan kue nastar kemudian masukkan toples.
Bagaimana mudah bukan resep kue nastar tersebut?? Keberhasilan membuat kue yang enak berasal dari komposisi bahan yang tepat. Selamat mencoba ya ! Baca juga resep kue kering lainnya yaitu resep lidah kucing.