Resep Kue Putri Salju, Manis dan Lumer di Mulut

Resep kue putri salju menjadi salah satu resep kue "wajib" saat lebaran. Bisa jadi hampir sebagian besar di meja tamu rumah hampir pasti ada kue manis dan enak ini. Kue ini pada umumnya berbentuk bulat kecil atau bulan sabit, namun Anda bebas berkreasi mengenai bentuknya. Mau berbentuk apapun juga boleh, bahkan kalau bisa menyerupai bentuk putri salju juga boleh, hehe. Berkreasi dengan kue kering seperti ini tidak ada batasnya.
 
resep kue putri salju

Cara membuat kue putri salju ini bisa dibilang cukup simpel dan mudah. Selain itu resep ini tidak menggunakan telur sehingga bagi Anda yang memang tidak begitu suka telur mungkin akan cocok dengan resep ini. Kemudian resep kue putri salju berikut ini menggunakan tepung almond, yang biasanya agak sulit untuk mencarinya. Tapi harusnya tepung almond tersedia di toko bahan makanan di kota Anda. Namun jika tidak menemukannya, ada beberapa resep tetangga yang menggunakan kacang mete yang dihaluskan. Jujur saya belum pernah mencoba untuk yang kacang mete yang dihaluskan, jadi saya belum bisa kasih opini.

Bahan-bahan 

  • 480 gram tepung terigu protein rendah
  • 150 gram gula halus
  • 330 gram mentega
  • 120 gram tepung almond
  • 3/4 sdt vanili bubuk
  • 3/4 sdt garam
  • 300 gram gula bubuk sebagai taburan

Cara membuat kue putri salju

  1. Campurkan mentega, gula halus, garam, dan vanili ke dalam mangkok mixer. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung almond, kurangi kecepatan mixer.
  3. Terakhir masukkan tepung terigu ke dalam adonan, kocok dengan kecepatan mixer masih rendah hingga tercampur rata. Hentikan mixer saat sudah tercampur rata dan bisa dicetak, karena kalau kelamaan adonan bisa terlalu keras.
  4. Cetak adonan kue putri salju sesuai selera, saya menggunakan cetakan bulan sabit.
  5. Siapkan loyang dan beri alas dengan kertas minyak. Tata adonan kue yang sudah dicetak ke dalam loyang.
  6. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit atau hingga permukaan kue terlihat mengeras namun warnanya kuning keemasan. Angkat.
  7. Masukkan kue ke dalam mangkok yang telah berisi gula halus. Guling-gulingkan hingga permukaan tertutup. Sisihkan. 
  8. Biasanya setelah didiamkan beberapa waktu, gula akan sedikit mencair. Oleh karena itu gulinkan lagi ke dalam mangkok gula halus. Setelah Anda yakin gula benar-benar telah menempel maka dapat dimasukkan ke dalam toples.
  9. Kue putri salju siap untuk dihidangkan di hari raya.
Mudah bukan membuat kue putri salju sendiri di rumah? Coba rasakan kue ini setelah membuatnya, sensasi dari tepung almond ini menjadikan kue ini empuk dan langsung lumer di mulut ditambah dengan manisnya gula menjadikan ada sensasi dingin. Selamat mencoba resep kue putri salju ya dan jangan lupa untuk membuat kue kering lainnya yaitu resep membuat kue nastar.